Senin, 09 Januari 2012

IPTEK SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN IMTAQ

IPTEK SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN IMTAQ



Kita sama-sama tahu bahwa di jaman sekarang ini, iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) berkembang begitu pesat. Hampir di seluruh aspek kehidupan, tak dapat dielakkan iptek begitu menguasai kehidupan manusia. Sebagai pemuda kita tidak harus menghindari perkembangan ini. Tapi kita dituntut untuk mampu mengikuti serta menyikapinya dengan baik. Satu-satunya cara yang dapat kita lakukan yaitu dengan imtaq (iman dan taqwa). Dengan iman dan taqwa kita mampu membentengi diri kita dari segala pengaruh buruk yang ditimbulkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.
Hakikat semakin berkembangnya iptek karena tuntutan kebutuhan manusia yang semakin bertambah. Dengan adanya iptek diharapkan dapat membantu mempermudah manusia untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari. Namun, ironisnya iptek yang semakin berkembang ini justru menimbulkan dampak buruk bagi manusia. Iptek sering disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Mereka menggunakan iptek untuk melakukan kejahatan dan maksiat. Sebagai pemuda kita seharusnya prihatin dengan hal itu. Kita prihatin akan masa depan kita yang  akan hancur dengan iptek.
Dengan iptek kita dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk meningkatkan iman dan taqwa. Banyak sekali teknologi yang menawarkan kemudahan kita untuk berdakwah. Misalnya saja internet. Kita dapat memanfaatkannya untuk berdakwah. Karena internet adalah media yang paling berpengaruh pada kehidupan manusia, di lingkunhgan peniddikan. Hampir setiap hari kita berhubungan dengan internet, mulai dari membuat tugas sampa sekedar hanya untuk searching dan chatting. Internet menawarkan banyak sekali pengetahuan, hampir segala informasi ada di dalamnya. Sekarang tinggal dari diri kita masing-masing, apakah kita mampu memanfaatkannya dengan baik? Atau justru kita salah menggunakannya. Banyak sekali terjadi kasus kejahatan serta perusakan moral yang terjadi dengan adanya internet. Seperti kasus pencurian, penculikan, porngrafi, pornoaksi, penipuan dan lain sebagainya.
Dengan iman dan taqwa yang kita milki diharapkan hal-hal tersebut dapat dihindari. Kita terus berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Al-Hadist. Berpegang pada tali agama Allah. Karena hanya dengan begitu hidup kita akan tertuntun ke jalan yang lurus, jalan yang di ridhoi Allah. Akhirnya kita pun mampu menyikapi pengaruh perkembangan iptek yang semakin cepat. Dan selamatlah kita dunia dan akhirat.

Semoga Bermanfaat.............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar