Minggu, 28 Oktober 2012

WILAYAH KECAMATAN SALEM

Salem berjarak 111 Km dari pusat pemerintahanan Kabupaten dan merupakan Kecamatan terjauh di wilayah Kabupaten Brebes. Walaupun masuk dalam propinsi Jawa Tengah, penduduk Kabupaten ini menjadikan Bahasa Sunda sebagai bahasa pergaulan sehari-hari.
Dari sisi luas wilayah, Kecamatan ini merupakan Kecamatan ketiga terbesar di Kabupaten Brebes setelah Bantar Kawung dan Larangan, dengan luas wilayah 15.209 HA yang terbagi menjadi 21 Desa.
Terletak di ketinggian 500 meter dpl, Kecamatan Salem terletak di sebuah lembah di sebelah Barat Kota Bumiayu. Akses ke Kecamatan Salem dapat ditempuh melalui tiga jalur :
1.Melalui Kota Bumiayu dapat ditempuh dengan jarak 34 Km. Jarak dari DP terdekat di Desa Buaran, Bumiayu sekitar 30 Km.
2.Melalui Kecamatan Banjar Hardjo dapat ditempuh dengan jarak 25 Km melalui jalan perbukitan dengan tingkat kecuraman dibeberapa tempat (terutama di Desa Liyo) mencapai lebih dari 50o. Karena medan yang sulit ini, di buku “Brebes in Figures” terbitan BPS Brebes, akses ke Salem melewati jalan ini tidak di cantumkan.
3.Melalui Kecamatan Majenang (masuk dalam area Kandatel Purwokerto) dengan jarak tempuh 22 Km.
Jumlah penduduk di Kecamatan Salem menurut data BPS tahun 2002 mencapai 54.331 jiwa.
Mata pencaharian utama penduduk Kecamatan Salem adalah berdagang. Data mengenai mata pencaharian penduduk sesuai data BPS Kabupaten Brebes tahun 2002 adalah :
- 50% sebagai pedagang
- 27% PNS/ABRI
- 10% di bidang pengangkutan
- 7% di bidang jasa
- 6% Pensiunan

Selain itu banyak pula warga kecamatan ini yang menjadi perantau ke Jakarta, Bandung dan kota lainnya selain menjadi TKI di luar negeri.

Kecamatan Salem terkenal sebagai sentra produksi padi dan terkenal dengan kerajinan batik tulis yang khas dengan sebutan Batik Bentar. Selain itu Tape Ketan Daun Jambu yang merupakan Makanan khas Brebes banyak diproduksi di Kecamatan Salem, dan kini banyak dipasarkan di Bumiayu dan Brebes.

4 komentar:

  1. maaf mba, kalo akses menuju salem dari bumiayu, naik ap..?
    setau saya, ada angkot menuju ke salem tp cuma sampai ke desa terlaya...
    mohon bantuannya...
    saya mau KKN disana...
    terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik kendaraan pick up/ mini bus... kamu cari kendaraannya dipertelon bumiayu z trz tnya psti sdh pda paham semua n untuk angkot memang nyampe desa terlaya untuk ke desa salem blum ada

      Hapus